Merdeka di Era Digital - Restya's Way

Rabu, 05 Agustus 2020

Merdeka di Era Digital

“ MERDEKA DI ERA DIGITAL”

(Sumber foto : https://images.app.goo.gl/vMXtyY7sx47Xg5937)

      Abad ke-21 adalah masa di mana kita mulai membiasakan hidup berdampingan dengan teknologi. Yang membawa kita mempunyai kebiasaan hidup baru seiring dengan berjalannya waktu. Sisi positif era digital di Indonesia adalah telah memaksakan bergulirnya proses demokratisasi dan kesetaraan informasi di tengah dominasi politik. Itu artinya, telah terjadi perkembangan partisipasi rakyat di semua sektor kehidupan termasuk ekonomi dan politik, juga berkurangnya praktik-praktik otoriter dan hal ini berpotensi mendorong kemakmuran masyarakat secara cepat (Adam Przeworski:1993).

     Era digital bisa dimaksimalkan di tengah relasi demokratisasi dan perubahan ekonomi yang dapat dilihat dari studi transformasi rezim yang berorientasi makro. Memang saling terkait antara era digital dan demokrasi yang secara tipikal merupakan konsekuensi dari pembangunan ekonomi, transformasi struktur kelas, peningkatan pendidikan dan semacamnya. Negeri ini pernah terpuruk pada paruh kedua 1997 yang telah menggoyahkan ekonomi (Anne Booth: 2001).

     Perjuangan kemerdekaan yang telah diberikan oleh para pahlawan pejuang bangsa. Kemerdekaan di era digital ini juga merupakan hadiah pemberian para pahlawan yang membuat kita merasakan kemudahan hidup melalui bantuan teknologi. Maka, di hari kemerdekaan Republik Indonesia ini kita perlu merayakannya dengan mengucap syukur atas kemudahan teknologi di era digital ini. Bagaimana kita bisa memanfaatkan kemudahan teknologi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

     Kemudahan yang kita capai saat ini hendaklah jangan sampai membuat kita lalai terhadap kewajiban kita sebagai warga negara.

Bukankah semuanya dipermudah sekarang?

   Contohnya kemudahan kita dalam mengakses informasi apapun yang tersedia di internet dan kemudahan kita dalam menyuarakan pendapat di media sosial. Hal ini tidak lepas dari yang namanya “Merdeka di era digital”. Kebebasan berpendapat dan berdemokrasi. Oleh sebab itu hendaknya kita menjadi bijak dalam menggunakan teknologi di era digital ini. Bijak dalam menilai mana yang sesuai dengan nilai pedoman berbangsa dan bernegara.


Ditulis oleh,

Restya Adventy Natalia (XII IPA 6)

Tidak ada komentar:

@way2themes