Alat atau Instrumen Musik Tradisional/Daerah - Restya's Way

Senin, 19 November 2018

Alat atau Instrumen Musik Tradisional/Daerah




    Menurut sumber bunyinya, instrumen musik tradisional dibagi menjadi lima kelompok, yaitu sebagai berikut.

a. Idiofon
    Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari badan alat musik itu sendiri. Cara memainkanya dipukul dengan alat pemukul. Contohnya saron, gender, angklung, bonang, gong, dan sebagainya.

(Saron)
b. Kordofon
    Kordofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar. tubuh instrumen atau resonator umumnya terbuat dari kayu. Contohnya (yang dipetik) gitar, ukulele, banjo, siter, kecapi, sasando, (yang digesek) rebab, kontra, bass, (yang dipukul secara mekanik) piano.
(Gambar Gitar)
c. Aerofon
    Aerofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung. Cara memainkannya yaitu dengan ditiup. Contohnya seruling, kledi, dan lain-lain.

(Gambar Seruling)

d. Elektrofon
     Elektrofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari sinyal hasil osilasi (getaran) sirkuit elektronik. Contohnya organ, electrone, dan sejenisnya. Dalam kesenian tradisional daerah instrumen elektrofon yang digunakan contohnya adalah pada orkes gambang kromong.

(Gambar Electrone)

e. Membranofon
    Membranofon adalah instrumen yang sumber bunyinya berasal dari kulit membran. Contohnya kendang, ketipung, dan lain-lain.
(Gambar Ketipung)

1 komentar:

@way2themes