Pengertian Ilmu Ekonomi - Restya's Way

Sabtu, 24 November 2018

Pengertian Ilmu Ekonomi


     Apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi? Paul Samuelson, seorang pakar ekonomi dari Massachusetts Institute of Technology, menjabarkan pendapatnya tentang pengetian ilmu ekonomi.
    a) Ilmu ekonomi atau ekonomi politik (political economy)  yaitu studi tentang kegiatan dengan                atau tanpa uang mencakup transaksi pertukaran antarmanusia.
    b) Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia menentukan pilihan yang tepat untuk                            memanfaatkan sumber daya produktif (tanah, tenaga kerja, barang modal, dan pengetahuan                  teknik) yang bersifat langka dan berjumlah terbatas untuk menghasilkan barang serta                            mendistribusikan kepada anggota masyarakat untuk dikonsumsi.
    c) Ilmu ekonomi yaitu studi tentang manusia dalam kegiatan sehari-hari untuk mendapat dan                   menikmati kehidupan.
    d) Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi                     kegiatan konsumsi dan produksi.
    e) Ilmu ekonomi yaitu studi tentang kemakmuran.
    f) Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.

    Dari pengertian tersebut apa yang Anda dapat simpulkan tentang ilmu ekonomi? Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi dengan atau tanpa uang; terdapat sumber daya yang langka, tetapi ada alternatif pemanfaatannya (kelangkaan); dan terdapat barang dan/atau jasa yang diproduksi kemudian disalurkan kepada masyarakat.

1 komentar:

@way2themes