Ekonomi Mikro (Microeconomics) - Restya's Way

Sabtu, 24 November 2018

Ekonomi Mikro (Microeconomics)


   c Alam semesta menyediakan berbagai alat pemenuhan kebutuhan hidup. Oleh karena itu, manusia wajib bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi, dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dihadapkan pada permasalahan ekonomi. Dalam lingkup kecil, masalah ekonomi yang dihadapi manusia menjadi kajian ekonomi mikro.

    Ekonomi mikro mengkaji bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi secara pribadi dalam rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri. Kajian ekonomi mikro mencakup alokasi sumber daya ekonomi secara efisien bagi kehidupan masyarakat.

    Ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang memperlajari perilaku konsumen dan produsen/perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Analisis ekonomi mikro dapat disajikan dalam tiga teori yang dikemukakan oleh pakar ekonomi klasik. Ketiga teori ekonomi mikro sebagai berikut.
a) Teori harga mengkaji pembentukan harga akibat interaksi permintaan dan penawaran di pasar barang dan/atau jasa.
b) Teori produksi mengkaji masalah yang berkaitan dengan produksi yaitu biaya produksi, tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen, serta kombinasi faktor-faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
c) Teori distribusi mengkaji tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga atas pemakaian modal serta keuntungan produsen atas proses produksi.

     Apa saja komponen yang dianalisis dlam ekonomi mikro? Ekonomi miko membahas komponen-komponen berikut.
a) Interaksi di Pasar Barang
    Dilihat dari sudut pandang ilmu ekonomi, pasar adalah tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli pada waktu tertentu. Di pasar penjual dan pembeli dapat saling berinteraksi untuk membentuk harga pasar atas barang yang diperjualbelikan. Harga yang terbentuk adalah harga kesepakatan atara penjual dan pembeli pada waktu tertentu. Dari deskripsi tersebut, ekonomi mikro menjelaskan interaksi antara penjual dan pembeli di pasar barang.

b) Interaksi di Pasar Faktor Produksi
   Pelaku ekonomi yang berperan sebagai penjual faktor produksi adalah rumah tangga konsumen. Faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen terdri atas sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Sementara itu, pelaku ekonomi yang berperan sebagai pengguna faktor produksi adalah rumah tangga produsen.

c) Perilaku Penjual dan pembeli
   Analisis perilaku penjual dan pembeli di pasar tersebut meliputi pengalokasian dana yang terbatas untuk memperoleh barang dan/atau jasa. Dari sisi penjuaal, analisis ekonomi mikro mengkaji upaya penjual dalam menetapkan harga jual yang paling menguntungkan. Dalam analisis ini, ekonomi mikro didasarkan pada asumsi berikut.
   (1) Penjual dan pembeli melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
   (2) Pembeli berusaha mencapai kepuasan optimal dengan dana terbatas.
   (3) Penjual berusaha memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu.
    Berdasarkan asumsi tersebut, ekonomi mikro menunjukkn perilaku seorang pembeli dalam mengalokasian uang untuk membeli barang yang dibutuhkan. Selain itu, ekonomi  mikro menunjukkan perilaku penjual dalam menentukan proses produksi yang akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

@way2themes