Prinsip Ekonomi - Restya's Way

Sabtu, 24 November 2018

Prinsip Ekonomi


    Prinsip ekonomi diartikan usaha yang disertai pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu atau dengan biaya tertentu untuk memperoleh hasil sebesar-besarnya. Prinsip ekonomi dapat diterapkan pada pelaku ekonomi dalam egiatan produksi, konsumsi, ataupun distribusi.

    1) Prinsip Ekonomi Produsen
     Prinsip ekonomi produsen diterapkan dengan mempertimbangkan beberapa fakor antara lain menentukan jenis produk sesuai selera masyarakat; menentukan lokasi perusahaan; menghasilkan barang berkualitas; menentukan teknik produksi paling efisien; menggunakan bahan baku berkualitas; serta mengharapkan keuntungan sebesar-besarnya.

   2) Prinsip Ekonomi Konsumen
     Penerapan prinsip ekonomi dilakukan untuk mencari alternatif pilihan yang rasional sehingga diperoleh kepuasan optima. Penerapan prinsip ekonomi seorang  konsumen dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain membuat daftar prioritas kebutuhan; mencari informasi mengenai barang dan jasa; memilih barang dan jasa berkualitas terbaik; bersikap hemat; memperhatikan nilai kegunaan barang dan jasa; dan memperhatikan daya beli.

   3) Prinsip Ekonom Distributor
    Penerapan prinsip ekonomi distributor dapat dilakukan dengan meperhatikan beberapa faktor antara lain menyesuaikan barang dengan selera dan kebutuhan masyarakat; menentukan harga jual barang dagang; memilih sarana transportasi sesuai karakteristik barang; meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen; mencari keuntungan dengan mempertimbangkan pengorbanan tertentu; dan menyalurkan barang secara tepat jumlah, waktu, dan mutu.

Tidak ada komentar:

@way2themes