Sistem Ekonomi Tradisional - Restya's Way

Senin, 26 November 2018

Sistem Ekonomi Tradisional



     Sistem ekonomi tradisional ada;ah sitem yang menitikberatkan pada kebiasaan dan adat istiadat dalam menjalankan perekonomiannya. Keberadaan sumber daya alam sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dari sumber daya alam tersebut, suatu kelompok berperan sebagai produsen sekaligus konsumen. Hal ini disebabkan kegiatan pemenuhaan kebutuhan didasarkan pada pemenuhan jangka pendek agar dapat bertahan hidup. Di beberapa daerah terpencil (pedalaman) sistem ini masih berlaku, misalnya pasar barter Wulandoni dan Labala, Nusa Tenggara Timur.

     Sistem ekonomi tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1) Menerapkan sistem barter dalam kegiatan pertukaran atau perdagangan.
2) Belum terdapat pembagian kerja (spesialisasi) dalam kegiatan ekonomi.
3) Kegiatan ekonomi terkat pada adat istiadat atau kebiasaan masyarakat.
4) Teknik produksi dipelajari secara turun-menurun dan masih bersifat sederhana.
5) Kekayaan alam terutama tanah dan hutan menjadi sumber penghidupan utama.
6) Pola hidup masyarakat bersifat kekeluargaan.
7) Alat atau teknologi produksi masih bersifat sederhana.

     Pada pelaksanaannya, sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan sistem ekonomi tradisional antara lain tidak terdapat persaingan ekonomi yang tidak sehat; perekonomian masyarakat cenderung stabil; tidak menimbulkan tekanan psikologis bagi masyarakat; serta membentuk kehidupan masyarakat yang menjujung kebersamaan.
     Kelemahan sistem ekonomi tradisional antara lain kegiatan ekonomi hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini; teknologi yang digunakan masih sederhana; kualitas barang hasil produksi rendah; kegiatan ekonomi bukan meningkatkan taraf hidup karena hanya memenuhi kebutuhan saat ini; kegiatan ekonomi tidak ditujukan untuk mencari keuntungan; menganggap tabu terhadap perubahan sehingga sulit berkembang; serta alokasi sumber daya ekonomi dilakukan secara tidak efisien.

Tidak ada komentar:

@way2themes