Sikap Ilmiah - Restya's Way

Sabtu, 10 November 2018

Sikap Ilmiah


   Dalam melakukan langkah-langkah metode ilmiah, seorang peneliti harus menerapkan sikap ilmiah. Apa sajakah sikap ilmiah tersebut?

1. Mampu Membedakan Opini dan Fakta
    Opini merupakan keterangan yang berlum dapat dipastikan kebenarannya. Adapun fakta biasanya berupa hasil penelitian yang sudah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Seorang peneliti hendaknya mampu membedakan antara fakta dan opini agar hasil penelitiannya tepat dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu
    Peneliti yang baik harus selalu berusaha memperluas pengetahuan dan wawasannya. Keingintahuan seseorang peneliti terhadap suatu hal sangat bermanfaat dalam penemuan sebuah teori, konsep, maupun fakta.


3. Peduli Lingkungan
    Seorang peneliti harus memiliki sikap peduli lingkungan sehingga penelitian yang dilakukan tidak merusak lingkungan.

4. Jujur Tergadap Fakta
    Pengambilan data dalam suatu penelitian dilakukan sesuai fakta yang sebenarnya terjadi. Selain itu, seorang peneliti harus menghindari manipulasi data meskipun data yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan atau yang diharapkan. Kesalahan dan rekayasa dalam pencatatan dan pengolahan data dari suatu penelitian dapat menimbulkan kerugian. Jadi, kejujuran terhadap fakta sangat diperlukan oleh peneliti agar data yang dihasilkan akurat.

5. Terbuka dan Fleksibel
    Seorang peneliti harus bersifat terbuka yang diwujudkan dalam sikap mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Selain itu, seorang peneliti harus terbuka dalam menyampaikan hasil penelitiannya. Dengan demikian, hasil penelitiannya menajdi lebih baik.

6. Berani Mencoba
    Rasa ingin tahu tentang sesuatu hal harus diikuti dengan sikap berani mencoba. Dengan demikian, peneliti akan menemukan jawaban dari permasalahan yang ada dalam pikirannya.

7. Berpendapat Secara Ilmiah dan Kritis
    Setiap pendapat yang dikemukakan oleh seorang peneliti harus memiliki dasar ilmiah dan tidak mengada-ada tanpa bukti yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian, hasil penelitiannya memiliki dasar yang akurat.

8. Bekerja Sama
    Pada saat melakukan penelitian seorang peneliti harus mampu bekerja sama dengan orang lain sehingga penelitian daoat dilakukan dengan baik dan hasil yang memuaskan.

9. Ulet dan Gigih
    Apabila seorang peneliti mengalami kegagalan dalam melakukan penelitian, pantang baginya untuk berputus asa. Penelitian yang gagal tersebut harus dianalisis senigga ditemukan penyebab kegagalan tersebut. Dengan demikian, dapat menjadi perbaikan untuk penelitian yang dilakukan selanjutnya.

10. Bertanggung Jawab
     Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti harus dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, keselamatan tim dan keselamatan lingkungan juga menjadi tanggung jawabnya.

Tidak ada komentar:

@way2themes