Teks Eksposisi - Restya's Way

Sabtu, 03 November 2018

Teks Eksposisi

  1.  Pengertian teks eksposisi
Kata eksposisi memiliki beberapa pengertian, kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa latin ekspotition yang berarti memberitahukan, memaparkan, menjelaskan, atau menguraikan.

     2   Ciri-ciri teks eksposisi
a.      Penulisan teks berupa menjelaskan suatu pokok persoalan secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif dan emosional. Penulis sama sekali tidak berusaha membangkitkan emosi pembaca.
b.      Gaya penulisan bersifat informatif penulis menguraikan objek dengan jelas sehingga pembaca memahami maksud dari teks eksposisi penulis teks eksposisi ingin menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang hal yang dipaparkan.
c.       Teks memuat fakta yang terdapat dilapangan fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dalam membuat rumusan agar hal yang disampaikan lebih konkret.

         3.   Jenis-jenis teks eksposisi
a.      Eksposisi definisi
Eksposisi definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Definisi juga dapat diartikan sebagai rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan/studi. Definisi memberikan batasan makna dari penggunaan sebuah kata/frasa.
      Definisi dibagi menjadi 2, definisi pertama disebut definisi secara sempit. Definisi secara sempit bukan mengenai suatu hal/benda, melainkan mengenai satu kata. Definisi sempit mencakup definisi sinonim kata dan definisi dari kamus. Definisi yang kedua adalah definisi secara luas, mencakup pembatasan pengertian suatu barang/hal yang didefinisikan.

b.     Eksposisi identifikasi
Eksposisi identifikasi merupakan sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau
unsur-unsur pengenal sesuatu dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca/pendengar lebih mengenal objek tersebut. Metode identifikasi dalam teks akan memperkenalkan barang atau objek dengan memerincikan ciri da tanda pengenal dari objek tersebut.

c.      Eksposisi perbandingan atau pertentangan
Metode perbandingan adala suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan antara dua objek/lebih mempergunakan dasar-dasar tertentu. Dasar-dasar perbandingan adalah menempatka sesuatu yang belum diketahui dalam kerangka suatu hal yang sudah dikenal pembaca.

d.     Eksposisi ilustrasi
Eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan yang khusus dan konkret terhadap suatu prinsip yang bersifat umum. Eksposisi ilustrasi merupakan metode yang sering digunakan karena tidak memerlukan hal-hal umum secara abstrak atau kabur. Akan tetapi, eksposisi ilustrasi menunjukkan contoh-contoh yang nyata dan konkret. Menurut Gorys Keraf, jenis eksposisi ilustrasi dapat disajikan secara deskripsi dan narasi.

e.      Metode klasifikasi
Metode klasifikasi merupakan sebuah metode yang bersifat ilmiah untuk menampilkan pengelompokkan-pengelompokkan sesuai dengan pengalaman manusia. klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal/benda dalam satu kelompok dapat diketahui hubungan antarhal/antarbenda dalam kelompok tersebut.

1 komentar:

@way2themes