Hal-Hal yang Perlu Di Evaluasi Dalam Wirausaha - Restya's Way

Kamis, 29 November 2018

Hal-Hal yang Perlu Di Evaluasi Dalam Wirausaha

1. Posisi Keseluruhan Usaha
    Posisi keseluruhan usaha digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian hasil dari keseluruhan usaha. Dengan begitu bisa diketahui berapa jumlah harta (modal/pendapatan usaha), berapa jumlah hutang-hutang pada pihak lain, berapa rata-rata pengeluaran dalam sebluan, dan berapa pendapatan bersih yang diperoleh setiap bulannya.

2. Kemajuan atau Kemunduran Usaha
    Evaluasi kemajuan dan kemunduran usaha dapat dilakukan dengan membandingkan kondisi keuangan pada saat awal menjalankan usaha dengan setelahnya (biasanya dengan jangka waktu pembanding yang waktunya dapat ditentukan sendiri, misalnya seperti 3 bulan, 6 bulan, atau satu tahun sekali setelah usaha berjalan).

3. Perbaikan atau Pengembangan
    Hasil evaluasi usaha yang menunjukkan beberapa parameter dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan langkah selanjutnya. Apabila kondisi usaha menurun, yang harus dilakukan adalah mengambil langkah efektik untuk mengatasinya, dan bisa segera melakukan "penyehatan" agar usaha dapat berjalan dengan baik. Adapun ketika kondisi usaha mengalami peningkatan, hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan usaha.

4. Target Usaha Selanjutnya
     Evaluasi sebuah usaha juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencapai/merencanakan target pertumbuhan usaha selanjutnya. Jika hasil usaha sudah menunjukkan pertumbuhan usaha yang mengalami kenaikan, tentuk bukan sebagai bahan berpuas diri, justru menjadi bahan untuk mencapai target dan strategi yang baru.

Tidak ada komentar:

@way2themes