Pencak Silat - Restya's Way

Sabtu, 24 November 2018

Pencak Silat



    Pencak silat adalah seni bela diri dari Inndonesia. Zaman dahulu, pencak silat diajarkan bersama-sama dengan pelajaran agama di surau-surau. Silat lalu berkembang tidak sekedar ilmu bela diri dan seni tradisi rakyat, tetapi menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah. Pencak silat juga menjadi bagian dari latihan spiritual dan kejuaraan yang dipertandingkan.

    Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Indonesia bersama negara Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam membentuk persilat (Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa) untuk mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara.

    Perlengkapan yang dipakai dalam pencak silat yaitu arena/geanggang di lantai yang dilapisi matras setebal 5 cm, berukuran 10 m x 10 m, berwarna dasar hijau terang dan dibatasi garis putih setebal 5 cm, di dalamnya terdapat bidang berbentuk lingkaran berdiameter 8 m dan lingkaran tengah berdiameter 3 m. Perlengkapan gelanggang pencak silat yaitu meja dan kursi wasit dan juri, formulir pertandingan dan alat tulis, jam pertandingan, gong/bel, lampu babak/isyarat berwarna merah, biru, dan kuning, bendera kecil berwarna merah dan biru, timbangan, dan lain-lain. 

    Perlengkapan pertandingan pencak silat yaitu pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, dengan badge IPSI di sebelah kiri, pelindung badan (body protector) warna hitam sesuai standar IPSI, pesilat putra menggunakan pelindung kemaluan (genetic protector), gum shield (semacam tameng berbahan karet) dan pelindung sendi.

    

Tidak ada komentar:

@way2themes